5 Penyebab Komstir Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya

.
.

5 Penyebab Komstir Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Komstir Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya

Komstir,atau bisa di sebut kongstir. mungkin bagi kalian yang tidak pernah mengerti dunia otomotif motor tidak akan tahu apa itu kongstir atau komstir sepeda motor. tapi anda jangan minder, karena kali ini saya akan memberikan postingan mengenai 5 penyebab komstir motor rusak dan cara mengatasinya, disini saya akan memberikan penjelasan mengenai pengertian komstir beserta fungsinya, penyebab komstir rusak kocak atau bermasalah, dan yang terahir saya akan memberikan tips cara mengatasi komstir motor yang rusak. oke langsung saja simak di bawah ini.

A.Pengertian Komstir Dan Fungsinya Pada Sepeda Motor

Komstir sepeda motor adalah : Sebuah benda yang berfungsi untuk membelokkan arah stang ke kanan dan kiri, sehingga sepeda motor akan bisa untuk di gunakan belok ke kanan maupun ke
 kiri, dengan di bantu oleh sistem kemudi atau biasa di sebut  stang pada sepeda motor.

5 Penyebab Komstir Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya

Bagian-bagian yang ada pada sistem kemudi atau komstir motor :

1.Batang kemudi ( handle bar )   
2.Penghubung / jembatan garpu bagian atas ( fork top brige ) 
3.Pengapit/ pengikat stang ( handle bard holder ) 
4.Poros kemudi ( steering stem)   
5.Pukukan peluru-peluru / kones bagian atas ( top cone ) 
6.Peluru-peluru ( steel balls ) 
7.Karet penahan debu / kotoran ( dust seal )   
8.Dudukan peluru-peluru bagian bawah / kones bagian bawah ( bottom cone ) 

B.Penyebab Komstir Motor Bermasalah Atau Rusak

Adapaun penyebab kerusakan pada komstir yaitu seperti komstir kocak, goblak, komstir kendo, atau komstir terasa berat saat untuk membelokkan. silahkan simak penyebab komstir rusak di bawah ini.

5 Penyebab komstir motor bermasalah atau rusak :

1.Sepeda motor sering di gunakan pada jalan yang berlubang atau jalan yang tidak rata, sehingga pelor atau menambur yang ada pada komstir pada aus dan lepas
2.Pelor atau menambur kering, dan menambur atau pelor menjadi aus di karenakan kurang grease
3.Pelor atau menambur ada yang hilang, jadi tidak rata
4.Poros kemudi ( steering stem ) di ikat terlalu kencang
5.Pelor atau bola baja sudah pecah

C. Cara Mengatasi Komstir Yang Bermasalah Atau Rusak

5 Penyebab Komstir Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya

Setelah di atas saya uraikan mengenai pengertian komstir , fungsi komstir, penyebab komstir bermasalah atau rusak. Nah yang kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi komstir sepeda motor yang bermasalah atau rusak. silahkan simak di bawah ini :

1.Jika komstir terasa berat, maka berikan grease. hal ini bertjuan untuk komstir agar enak di belok ke kanan maupun ke kiri. jangan lupa untuk mengendorkan poros kemudi engkol.
2.Mengganti bola baja atau pelor menambur, jika bola baja ada yang pecah atau salah satu hilang maka cukup di beri bola baja lagi. dan jangan lupa pada saat memasang di beri grease agar bola baja tidak terasa berat saat di belokkan.
3.Kencangkan komstir atau kongstir motor, untuk anda yang permasalahanya pada komstir yang kocak goblak atau kendor maka anda wajib mengencangkan komstir tersebut. usahakan saat mengencangkan komstir jangan terlalu kencang dan jagan terlalu kencor.

Lihat juga mengenai artikel dan postingan yang lainnya :


Nah mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan, jika pada tahap-tahap di atas anda tidak bisa menerapkanya. hehehehe terpaksa anda harus mengeluarkan uang alias anda membawa ke bengkel. dan jika anda adalah tipe orang yang teliti dan ingin experimen, tak ada salahnya cara diatas di coba dulu dan jika kesulitan motor anda bisa di bawa ke bengkel motor terdekat anda. Terima kasih...


Tag :
Cara memperbaiki komstir bermasalah, komstir bermasalah,komstir sepeda motor kocak, komstir kendor, sistem kemudi terasa berat, cara memperbaiki komstir oblak, kongstir kendor, cara mengencangkan komstir, cara memasang komstir yang benar
.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "5 Penyebab Komstir Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar