5 Tips Mudah !!! Cara Merawat Dan Membersihkan Rantai Sepeda Motor

.
.

5 Tips Mudah !!! Cara Merawat Dan Membersihkan Rantai Sepeda Motor 

Rantai merupakan  komponen yang membuat gir motor dapat berputar dan as roda dapat berputar, tanpa rantai roda gir dan as roda tidak dapat berputar.
Sering anda mengalami rantai cepat kotor rusak dan bahkan rantai cepat putus ?? Simak 5 Tips Mudah !!! Cara Merawat Dan Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Dan Berdebu di bawah ini :

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor



Hal-Hal Yang Membuat Rantai Rusak :
1. Setelan Rantai Terlalu Kencang
Saat anda mengganti rantai dengan yang baru, sering banyak orang yang mengalami setelan rantai yang terlalu kencang. namun kita sudah sepenuhnya percaya pada mekanik bengkel, sehingga kita sering tidak teliti dalam melihat kondisi rantai. ukuran rantai yang tepat adalah 3 Cm, cara mengukurnya bisa menggunakan penggaris.

2.Setelan Rantai Terlalu Kendor
Selain rantai terlalu kencang, namun hal yang membuat rantai cepat rusak juga di akibatkan oleh rantai yang terlalu kendor.

3.Rantai Kotor
Rantai motor yang kotor sebenarnya juga berpengaruh pada kondisi rantai, jika kotoran yang ada pada rantai tidak di bersihkan, maka otomatis rantai akan cepat rusak. nah , nanti saya jelasin bagaimana cara merawat serta membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu. silahkan and lanjut membaca dulu.

4.Gir Tidak Pas Dengan Rantai
Biasanya hal ini terjadi pada modifikasi motor, banyak orang yang memodifikasi gir namun sebenarnya ini malahan merusak rantai jika gir dan rantai tidak cocok alias pas.

5.Rantai Kurang Oli Dan Kering
Oli pada rantai berguna untuk melumasi rantai agar saat terjadi perputaran, rantai tidak mengalami hambatan karena seret tidak ada pelumas.

5 Cara Merawat Dan Membersihkan Rantai Sepeda Motor :
1.Setelan Rantai Harus Tepat
Rantai yang kendor dan terlalu kencang dapat menyebabkan rantai mengalami masalah, selain tarikan motor kurang enak. setelan rantai yang tidak pas justru malah akan merusak rantai motor itu sendiri. untuk ukuran setelan rantai adalah 3-5 Cm.

2.Cuci Rantai Dengan Air
Mencuci rantai motor yang kotor dengan air itu penting, selain rantai menjadi kinclong dan bebas debu. namun rantai akan tetap lebih awet. Saat and mencuci rantai, anda bisa menggunakan sabun untuk motor.

3. Cuci Menggunakan Bensin
Bengsin ?? iya memang benar, jika kotoran dan debu pada rantai terlalu tebal dan kotor. and bisa menggunakan bensin untuk mencuci rantai, caranya dengan menggunakan sikat yang di olesi bensin.
sikat rantai menggunakan bensin, atau bisa juga anda merendam rantai selama 10 menit agar kotoran dan debu bisa rontok, namun anda harus mencopot rantai terlebih dahulu.

4.Rantai Diberi Pelumas
Sebenarnya pelumas yang khusu utnuk rantai ada sendiri, namun jika anda ribet dan lebih ingin menghemat biaya. anda bis melumsi rantai dengan oli mesin yang bekas atau bisa jug menggunakan minyak goreng, hal ini agar rantai tidak berkarat. lumasi rantai ketika sudah kering atau setelah di cuci menggunakan bensin maupun air.

5.Gir Yang Sudah Tipis
Gir \belakang motor yang sudah tipis akan membuat rantai cepat rusak, selain itu gir yang sudah tipis juga berbahaya dalam keselamatan anda saat berkendara pada kecepatan tinggi. anda bisa mengganti gir motor anda jika sudah tipis.

Itulah mengenai 5 Tips Mudah !!! Cara Merawat Dan Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Kotor Dan Berdebu. semoga yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat.
Terima kasih....

Baca juga :







Tag : cara merawat rantai motor, cara membersihkan rantai motor,cara membersihkan rantai motor menggunakan bensin, cara mengencangkan rantai motor, cara menyetel rantai motor, ukuran penyetelan rantai motor, cara merawat rantai motor agar tdak berkarat, melumasi rantai motor menggunakan minyak goreng, cara mengatasi rantai motor berkarat, cara mencuci rantai motor yang berdebu dan kotot, cara merawat rantai sss, tips mencuci rantai motor mudah, manfaat mencuci rantai motor, manfaat melumasi rantai motor.

.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "5 Tips Mudah !!! Cara Merawat Dan Membersihkan Rantai Sepeda Motor"

Posting Komentar