Kenali 7 Fungsi Oli Mesin Motor

.
.

7 Fungsi Oli Mesin Motor


Sebelum kita ketahui 7 Fungsi Oli Mesin, kita ketahui dulu apa itu oli mesin silahkna di simak di bawah ini :

Oli mesin adalah cairan/fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan mesin saat mesin dijalankan. Oli mesin ini digolongkan menjadi 3 dilihat dari bahan pembuat dan proses pembuatan yakni oli mineral, oli semi sintetis dan oli sintetis.

Nah sudah tahukan apa itu oli mesin, setelah itu kita bahas apa itu 7 Fungsi Oli mesin pada motor :
Simak di bawah ini :

1. Melumasi Mesin Motor
Nah ini fungsi oli yang paling utama, yaitu melumasi mesin motor dalam komponen. agar mesin motor lebih awet dan tidak mudah rusak. 7 Fungsi Oli Mesin Motor

2. Melindungi Komponen Mesin
Untuk oli mesin sangat berpengaruh pada komponen mesin, hal itu untuk penggantia oli dan pengceakan oli juga sangat penting sobat.

3. Sebagai Penutup Celah Pada Dinding Mesin

4. Berfungsi Sebagai Pendingin Mesin
Untuk motor setela di gunakan biasanya mesin akan panas yang berlebihan, nah dari hal itu oli  mesin mempunyai fungsi sebagai pendingin mesin. dan mesin akan cepat dingin jika kualitas oli mesin bagus.7 Fungsi Oli Mesin Motor

5. Sebagai Pembersih Komponen Mesin
Oli mesin yang sudah sangat lama dalam penggunaanya, ini sangat berpengaruh pada kebersihan komponen mesin. maka dari itu oli mesin juga penting untuk di ganti secara normal.

6. Berfungsi Sebagai Penghantar Panas Itu Sendiri
 Gesekan yang terjadi antara bagian mesin menimbulkan panas tersendiri, bahkan ruang pembakaran dalam mesin otomotif bisa mencapai suhu melebihi 1000 derajat celcius sobat. 7 Fungsi Oli Mesin Motor Nah, peran oli mesin dalam hal menghantar panas adalah membuat panas yang terjadi karena gesekan antara bagian mesin dapat ter-distribusi dan terserap dengan baik, sehingga proses pendinginan dengan oli (cooling) dapat membantu memperpanjang usia bagian mesin, dan keseluruhan mesin itu sendiri, dan akseklarasi motor lebih enak.

7. Mencegah Terjadinya Gesekan Komponen Mesin
Selain di atas, oli mesin juga bisa menjadi tameng dalam komponen mesin sobat. coba bayangkan jika motor anda oli mesin sudah habis, yang terjadi malah komponen bergesekan dan bisa aus. dan yang lebih fatal bisa menyebabkan ring seher rusak.

Nah mungkin itu saja 7 Fungsi Oli Mesin, semoga bisa di pahami.

Baca juga :


Bahaya Oli mesin motor sampai habis
Cara mengatasi oli rembes di mesin
Daftar harga oli mesin motor terbaru lengkap
Daftar harga oli samping motor 2Tak terbaru



Tag :
7 Fungsi Oli
7 Fungsi Oli motor
7 Fungsi Oli mesin motor
Manfaat Oli mesin motor


.
.

Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

0 Response to "Kenali 7 Fungsi Oli Mesin Motor "

Posting Komentar