.
.
3 Bagian-Bagian Pada Sepeda Motor Beserta Fugsinya
1.CHASIS SEPEDA MOTOR
Chasis yaitu Chasis atau rangka adalah salah satu bagian-bagian sepeda motor yang berada pada bagian luar motor. Hal penting sekali pada kendaraan , karena rangka ibarat tulang punggung bagi kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Biasanya chasis adalah bagian-bagian sepeda motor yang terlihat oleh mata atau bagian-bagian body motor yang terlihat. simak di bawah ini bagian bagian sepeda motor chasis :
a. Sistem Suspensi
Untuk mencegah sepeda motor bergetar secara
berlebihan, maka sepeda motor dilengkapi dengan sistem suspensi. Yang termasuk
ke dalam sistem suspensi yang utama adalah sok breker dengan pegasnya.
b. Sistem Rem
Rem berfungsi untuk memperlambat laju sepeda motor
atau untuk menghentikan sepeda motor. Rem digunakan pada sepeda motor ada dua
macam, yaitu rem troml dan rem cakram. Rem tromol pada sepeda motor adalah rem
tromol mekanik, yaitu dengan perantaraan kawat untuk meneruskan tenaganya.
Sedangkan rem cakram yang digunakan pada sepeda motor ada dua macam yaitu rem
cakram hidrolik dan rem cakram mekanik.
Baca juga :
c. Sistem Pemindah Tenaga
Yang termasuk ke dalam sistem pemindah tenaga pada sepeda motor adalah kopling, transmisi, dan rantai penggerak roda
belakang. Kopling yang digunakan pada sepeda motor adalah kopling basah dengan
jumlah plat banyak Kopling menghubungkan dan memutuskan putaran poros engkol ke
transmisi. Oleh karena itu kopling terletak antara poros engkol dan transmisi.
Dari transmisi putaran tersebut diteruskan ke roda belakang dengan perantaraan
rantai. Tapi ada juga sepeda motor seperti Vespa putaran transmisi diteruskan
ke roda belakang dengan perantaraan sebuah poros. itulah mengenai sistem pemindahan tenaga pada sepeda motor. di bawah ini komponen adalah komponen sistem pemindahan tenaga sepeda motor.
Bagian - bagian roda depan :
- Poros roda
depan
- Pelindung
debu
- Collar
- Sil oli
- Bantalan
- Sil Oli
- Penggerak
Speedometer
- Roda gigi
- Washer
- Kampas rem
- Poros kam
- Plat
kampas rem
- Roda
gigi
- Penunjuk
keausan
- Tuas
Bagian - bagian roda belakang:
- Poros
belakang
- Penyetel
- Tuas
- Collar
- Petunjuk
keausan kampas rem
- Plat
kampas rem
- Poros kam
- Kampas rem
- O ring
- Damper
Bagian - bagian penggerak roda belakang dan
roda belakang
- Dudukan
roda gigi
- Roda gigi
penggerak
- Pengunci
- Rantai
Penggerak
- Sambungan
rantai
- Plat
sambungan rantai
- klip
- Poros
- Bantalan
- Sil oli
- Collar
- Penyetel
rantai
2
ENGINE/MESIN SEPEDA MOTOR
Apakah anda mengetahui pengertian engine sepeda motor ?? jiak tidak silahan simak di bawah ini.
Engine (Mesin) sepeda motor adalah gabungan dari alat-alat yang bergerak (dinamis)
dan alat-alat yang tidak bergerak (Statis) yang bila bekerja dapat menimbulkan
tenaga energi. Engine motor honda dll sebenarnya juga sama isinya. Engine pada motor adalah komponen mesin sepeda motor bagian tengah. silahkan simak di bawah ini komponen engine pada sepeda motor beserta fungsinya.
Klasifikasi Motor Penggerak
Salah satu jenis penggerak mula adalah motor kalor dan juga biasa disebut
Motor Bakar. Adalah engine yang menggunakan energi panas untuk melakukan proses
pembakaran bahan bakar.
Pembagian Motor penggerak Ditinjau dari Proses Pembakaran Energi
a.External Combustion Engine (Mesin Pembakaran Dalam)
Ialah suatu pesawat yang energinya untuk kerja mekanik yang diperoleh
dengan proses pembakaran bahan bakar terjadi diluar engine, biasanya digunakan
untk mesin uap (steam engine).
b.Internal Combustion Engine (Mesin Pembakaran Dalam)
Ialah suatu pesawat yang energinya untuk kerja mekanik yang diperoleh
dengan proses pembakaran bahan bakar di dalam engine itu sendiri. biasanya pembakaran terjadi pada fungsi komponen blok silinder.
Sehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus berfungsi sebagai media
kerja.
Adapun engine pembakaran dalam ini banyak dipergunakan pada : Petrol Engine
(Motor Bensin), Diesel Engine, Engine Turbin Gas.
Konstruksi Internal Combustion Engine terdiri atas :
a.Konstruksi Motor Statis
Motor yang diam ditempat yang banyak dipergunakan di pabrik-pabrik sebagai
pembangkit tenaga listrik.
b.Konstruksi Motor Dinamis
Motor yang dapat bergerak berpindah tempat.
Contoh : Automobil, Sepeda Motor, Pesawat Terbang, Kapal laut.
Pada External Combustion sudah dibahas dalam uraian di atas yaitu pada
PLTU, selanjutnya yang akan kita pelajari adalah jenis Engine dengan Internal
Combustion yaitu Diesel Engine dan Petrol Engine.
Baik Diesel Engine maupun Petrol Engine juga dibagi dua jenis yaitu Engine
4 Tak dan Engine 2 Tak atau langkah.
3. KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR
Sistem
kelistrikan pada sepeda motor merupakan bagian penting karena sistem ini
menyediakan arus listrik untuk keperluan pembakaran dan untuk menggerakkan
pendukung sepeda motor. Nah jika anda senang dalam merakit kelistrikan sepeda motor anda bisa melihat bagian bagian kelistrikan sepeda motor di bawah ini. Sebenarnya sistem kelistrikan sepeda motor yamaha, kelsitrikan pada motor honda grand itu sama saja. jika anda ingin belajar mengenai kelistrikan motor, di bawah ini saya sudah menulis rangkaian listrik sepeda motor secara lengkap. Ditinjau dari penggunaan arus listriknya, sistem
kelistrikan sepeda motor dapat digolongkan menjadi:
- sistem
pembangkit listrik
- sistem
pengisian
- sistem
pengukuran
- sistem
pengapian
- sistem
penerangan dan sistem tanda
- sistem
starter
Sistem
Pembangkit Listrik
Sistem pembangkit listrik membangkitkan arus listrik untuk memenuhi kebutuhan
pada sepeda motor tersebut. Ada dua macam pembangkit listrik yang digunakan
pada sepeda motor, yaitu pembangkit listrik arus searah dan pembangkit listrik
arus bolak - balik.
Sistem
Pengisian Listrik
Listrik
pada sepeda motor sangat penting manfaatnya. Sebab tanpa adanya listrik, maka
lampu-lampu pada sepeda motor tidak dapat menyala. Tanpa listrik juga sistem
pengapianyang berguna untuk memercikkan busi, tidak akan terjadi. Hal ini tentu
mengakibatkan mesintidak dapat hidup. Listrik pada sepeda motor disuplai dari
aki dan sistem pengisian. Namunyang paling penting dan utama dalam suplai
listrik adalah sistem pengisian. Sebab suplailistrik yang dapat aki berikan
hanya beberapa jam saja, untuk itulah diperlukan sistem pengisian. Pada saat
mesin hidup sistem pengisianlah yang mengambil alih suplai listrik,sementara
saat mesin mati atau mau distarter, maka akilah yang memberikan suplai
listrik.Sistem pengisian tak hanya sebagai suplai listrik, tapi mengisi kembali
aki yang telah kosong.Sehingga ketika mesin mau dinyalakan, aki siap mensuplai
listrik.Komponen sistem pengisian di sepeda motor dasarnya hanya ada 2 yaitu ;
1.
Spul Adalah sebuah gulungan yang terletak di dalam mangkok
magnet. Gulungan dari kawattembaga ini akan menghasilkan listrik bila terpotong
oleh garis gaya magnet. Sepul untuk sepeda motor lama biasanya ada 2 macam.
Spul pengapian dan sepul lampu. Spul untuk pengapian ini adalah gulungan yang
menghasilkan listrik untuk suplai ke sistem pengapian.Sedangkan untuk sepul
lampu adalah gulungan yang menghasilkan listrik untuk suplai lampudan juga
untuk pengisian ke aki, jika aki anda lemah berarti spul motor anda lemah atau spul bisa juga rusak . Maka dari itu jika anda ingin membeli spul , usahakan anda membeli spul motor yang bagus. Tapi pada sepeda motor baru sekarang epul pada
sepedamotor hanya ada
1. Satu spul ini sudah memenuhi kebutuhan untuk suplai
listrik ke pengapian, lampu – lampu dan untuk sistem pengapian.
2.
Kiprok / regulator Adalah komponen elektronika yang berguna mengatur aliran arus
listrik ke lampu – lampu dan ke aki. Kelebihan arus listrik, akan
dibuang ke aki. Sehingga lampu depan padakendaraan tidak putus. Bila kiprok
rusak, maka lampu depan akan mudah putus. Sebab tidakada pembatas listrik yang
disuplai ke lampu – lampu. itulah mengenai pengertian spul motor dan fungsi spul pada sepeda motor.
Kelebihan
arus listrik ini disebabkankarena putaran mesin yang naik lebih tinggi. Hal ini
terjadi pada saat gas ditarik. Putaranmesin naik, yang berakibat putaran
mangkok magne pun naik. Listrik yang dihasilkan pun jadi semakin naik.Untuk
memahami sistem pengisian yang rusak ada bebarapa ciri, salah satunya sudah
sayasebutkan di atas yaitu lampu depan mudah putus. Ciri lainnya adalah aki
mudah tekor. Jikastarter dan klakson tidak bekerja dengan baik, disebabkan aki
tekor. Maka tak salah lagi berarti aki tidak mendapat suplai listrik dari
sistem pengisian. Bila aki sudah berumur lebihdari 2 tahun, memang berarti akinya
yang sudah rusak. Tapi bila aki masih baru, tapi tekorterus, berarti sistem
pengisian yang tidak berjalan dengan baik. Kerusakan untuk kasus ini, biasanya
disebabkan sepul kelistrikan yang sudah rusak. Cara perbaikannya
adalahmengganti sepul tersebut. Sekian sedikit pengenalan saya tentang sistem
pengisian. Semogadapat anda mengerti penjelasan saya.
Sistem
pengapian Sepeda Motor
Pada
sepeda motor dan mobil yang menggunakan bahan bakar bensin, tentunyamenggunakan
busi untuk melakukan pembakaran di ruang bakar. Pembakaran ini terjadidengan
memberikan ke listrik pada busi sehingga terjadi lompatan bunga api listrik di
busi.Untuk dapat menghasilkan lompatan bunga api tersebut, maka listrik yang
diberikan ke busiharus memiliki tegangan yang lebih tinggi, berkisar 18.000
volt. Sedangkan tegangan listrik pada sepeda motor hanya berkisar 12 volt.
Untuk itu harus ada mekanisme komponenkelistrikan yang meningkatkan tegangan
dari 12 volt menjadi 18.000 volt.Komponen dari sistem pengapian pada sepeda
motor ada 2 macam. Tipe yang pertama adalahtipe konvensional dan tipe yang
kedua adalah tipe CDI. Untuk tipe konvensional adalahmasih menggunakan platina.
Untuk kali ini saya akan bahas komponen sistem pengapian darikedua tipe
tersebut. Komponennya adalah:1.Tipe konvensionalPada tipe ini masih menggunakan
platina. Namun untuk sepeda motor keluar sekarang tipeini sudah tidak ada.
Komponen sistem pengapian dari tipe ini adalah;a.sepul pengapian b.Platinac.
Kondensord. Coil ( Koil)e. Busi2. Tipe CDIPada tipe ini platina digantikan oleh
komponen elektronika yang bernama CDI. Sistem pengapian tipe ini lebih akurat.
Maka itu tipe inilah yang digunakan pada sepeda motorsekarang. Di bawah ini skema sistem pengapian sepeda motor pada umunya :
Komponen-komponen
sistem pengapian CDI adalah:
a. Sepul pengapian
b. CDIc. Coil (koil)
c.
BusiBerdasarkan daftar komponen di atas, dapat dilihat komponen yang sama dan
komponenyang berbeda dari kedua tipe sistem pengapian pada sepeda motor.
Untuk
pada mobil, akansaya bahas pada postingan berikutnya. Sedangkan untuk
penjelasan dari masing komponen,tunggu juga di postingan berikutnya. Sekian
pengenalan sistem pengapian pada sepeda motoruntuk tipe konvensional dan tipe
CDI. Namun ada juga sistem pengapian CDI AC sepeda motor.
Sistem Pengukuran
Sistem pengukuran yang digerakkan secara elektrik adalah pengukur jumlah bensi
pada tangki dan pengukur tekanan oli. Panel instrumen pengukur tersebut
biasanya dipasangkan di dekat lampu kepal pada tangkai pengemudi. Namun tidak
semua sepeda motor mempunyai kedua instrumen pengukur tersebut.
Sistem Pengapian
Sistem pengapian menyediakan bunga api pada ruang bakar. Terjadinya loncatan
bunga api pada ruang bakar tersebut karena adanya perbedaan tegangan pada kedua
elektroda busi. Loncatan bunga api pada elektroda busi terjadi pada saat celah
platina membuka. Dengan adanya loncatan bunga api tersebut maka terjadilah
pembakaran bensin pada ruang bakar.
Sistem Penerangan dan Sistem Tanda
Penerangan berfungsi terutama pada malam hari, tetapi pada waktu hujan atau
udara berkabut penerangan juga diperlukan. Sistem penerangan sepeda motor
terdiri atas lampu kepala dan lampu belakang. Lampu kepala terdiri atas lampu
jarak jauh dan lampu jarak pendek. Sebagian sepeda motor ada yang dilengkapi
dengan lampu kota.
Yang dimaksud dengan sistem tanda adalah sistem pemberian tanda dengan lampu.
atau dengan bunyi Sistem tanda pada sepeda motor terdiri atas klakson, lampu
tanda belok dan lampu rem. Sistem tanda erat sekali hubungannya dengan
keselamatan pengendara sepeda motor karena sistem tanda berguna sebagai pemberi
peringatan kepada pemakai jalan lainnya.
Sistem Starter
Sistem starter elektrik digunakan pada beberapa sepeda motor. Starter elektrik
mengubah tenaga listrik menjadi tenaga mekanik untuk memutar poros
engkol. Sepeda motor yang menggunakan elektrik juga dilengkapi dengan starter
mekanik karena jika starter elektriknya rusak atau baterainya tidak kuat untuk
menggerakkan starter elektrik maka sepeda motor masih bisa dihidupkan dengan
starter mekanik.
Agar tidak salah sambung, sebab setiap motor memiliki
designer yang berbeda, pastinya sistem kelistrikannya pun berbeda pula. Hal ini
juga merupakan rahasia tiap-tiap rancangannya agar tidak mudah untuk ditiru dan
menyamakan antara sistem kelistrikan yang di buat oleh masing masing produsen
kendarakan bermotor.
Di bawah ini arti warna kelistrikan pada motor :
1. YAMAHA
Hitam
: (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Arus
positif dari Aki
Kuning : (+) Lampu depan jauh
Hijau : (+)
Lampu depan dekat
Coklat : (+) Sein kiri
Hijau : (+)
Arus beban (penerangan dll)
Putih-Merah : (+) Pulser
CDI
Hijau-Hitam : (+) Rem
2. HONDA
Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua
negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+)
Kunci kontak
Putih : (+)
Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke
saklar lampu
Biru : (+)
Lampu jauh
Abu-abu : (+)
Flaser
Biru laut : (+) Sein
kanan
Oranye : (+) Sein
kiri
Coklat : (+)
Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci
kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem
3. SUZUKI
Hitam-Putih :
(-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) Pengisian
dari magnet
Kuning-putih : (+) Untuk ke penerangan
Merah : (+) Aki
Oranye : (+) Kunci
kontak
Abu-abu : (+) Lampu
belakang
Putih-Hitam : (+) Lampu
rem
Hijau muda : (+) Sein
kanan
Hitam : (+) Sein
kiri
Kuning-putih : (+) Lampu depan
Putih–Biru : (+) Koil
ke CDI
Biru-Kuning : (+) Pulser
ke CDI
4. KAWASAKI
Hitam-Kuning :(-)Masa
Putih-Merah :(+)Aki
Merah-Hitam :(+)Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning :(+)Lampu depan dekat
Abu-abu :(+) Sein
kanan
Hijau : (+)
Sein kiri
Biru : (+)
Lampu rem
Merah : (+) Lampu
belakang
Coklat : (+)
Klakson
Itulah mengenai pengertian chasis sepeda motor, macam-macam chasis sepeda motor dan fungsi chasis sepeda motor. semoga bisa bermanfaat.
Tag :
Bagian bagian sepeda motor
komponen mesin beserta fungsinya
Bagian dan fungsinya
Sistem sepeda motor dan fungsinya.
.
.
0 Response to "3 Bagian-Bagian Pada Sepeda Motor Beserta Fugsinya"
Posting Komentar